RAPAT PENYUSUNAN BUKU DATA TERPILAH GENDER DAN ANAK KABUPATEN INDRAGIRI HILIR

Tembilahan (19/05/2022) – Kegiatan Rapat Penyusunan Buku Data Terpilah Gender Dan Anak Kabupaten Indragiri Hilir berlangsung hari Kamis, 19 Mei 2022, kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kab. Inhil, bidang Pengarusutamaan Gender dan Pemberdayaan Perempuan (PUG & PP).

Dalam Sambutannya Kepala Dinas P2KBP3A Kab. Inhil yang diwakilkan oleh Sekretaris Dinas P2KBP3A Kab. Inhil, Fathurrahman, S. Ag berharap seluruh pihak terkait dapat berperan aktif dalam pengumpulan, pengolahan dan analisis data terpilah gender dan anak secara sebagai bahan informasi untuk penyusunan Buku Data Terpilah Gender dan Anak Kabupaten Indragiri Hilir. Penyusunan buku ini juga termasuk ke dalam salah satu dari tujuh prasayarat PUG dan sebagai penunjang dalam penilaian Anugerah Parahita Ekapraya (APE).

Strategi Pengaurusutamaan Gender ditetapkan dengan instruksi Presiden (Inpres) nomor 9 tahun 2000 tentang Pengaurusutamaan Gender dalam Pembangunan Nasional, Peraturan Bupati Indragiri Hilir Nomor 30 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender dalam Pembangunan Daerah di Kabupaten Indragiri Hilir dan Surat Edaran Bupati Indragiri Hilir Nomor : 524.35/DP2KBP3A-PUG&PP/2021 tentang Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender di Kabupaten Indragiri Hilir Melalui Penyusunan Perencanaan dan Penganggaran yang Responsif Gender di Kabupaten Indragiri Hilir.

Adanya Instruksi Presiden dan Peraturan Daerah tersebut diharapkan kepada seluruh pimpinan di instansi Pemerintah Pusat, Propinsi dan Kabupaten/Kota untuk mengarusutamakan perspektif gender ke dalam setiap tahapan pembangunan, baik dalam perencanaan, pengganggaran, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi.

Kegiatan Rapat awal ini memberikan gambaran kepada Koordinator atau Penanggung Jawab Data dari masing-masing perangkat daerah berkaitan data-data terpilah gender dan anak yang harus di kumpulkan dan di analisa sebagai bahan penyusunan buku data terpilah gender dan anak. Untuk diketahui, Kegiatan ini di isi oleh Tenaga Ahli Pengolahan Data utusan dari Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kab. Inhil yang berkompeten di bidangnya serta di hadiri peserta dari setiap OPD Se-Kab. Inhil yang dalam hal ini sebagai Penanggung Jawab Data, serta berbagai pihak terkait.

About dp2kbp3a

Check Also

Harganas 2022, DP2KBP3A Kab. Inhil Laksanakan Gebyar Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor

Pengalihan Enok (15/06/2022) – Dalam rangka Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) Ke XXIX Tahun 2022 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *