DP2KBP3A KAB. INHIL GELAR PELATIHAN KESEHATAN REPRODUKSI DAN 1001 CARA BICARA ORANG TUA KEPADA REMAJA BAGI KADER BKR

Tembilahan – Rabu (14/07/2021), Bertempat di Aula pertemuan Hotel Tembilahan Pratama, telah dilaksanakan kegiatan Pelatihan 1001 Cara Bicara Orang Tua Kepada Remaja dan Reproduksi sehat remaja bagì kader BKB yang datang sebagai utusan kelompok BKR dari beberapa kecamatan. Pelatihan ini ditaja oleh Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Indragiri Hilir dalam upaya menambah ilmu dan keterampilan kader dalam membina keluarga yang memiliki remaja dalam kelompok kegiatannya.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Indragiri Hilir yang diwakili oleh FATHURRAHMAN, S. Ag selaku Sekretaris Dinas P2KBP3A Kab. Inhil, kemudian dilanjutkan pembacaan laporan Pelaksanaan Kegiatan dari Ketua Panitia yaitu Kepala Seksi Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga EDWIN, SE.

Laporan Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan

Kepala DP2KBP3A Kab. Inhil dalam sambutan dan arahannya yang diwakili oleh FATHURRAHMAN, S. Ag Sekretaris DP2KBP3A Kab. Inhil dihadapan 40 peserta pelatihan menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemateri yang telah meluangkan waktu, tenaga serta ilmunya sehingga dapat berkesempatan hadir pada kesempatan kali ini. Selanjutnya terima kasih juga ditujukan kepada peserta pelatihan yang telah dapat meluangkan waktu dan meninggalkan keluarga guna mengikuti pelatihan ini.

Pada bagian lain dalam sambutanya Kadis DP2KBP3A Kab. Inhil juga memaparkan pentingnya pelatihan ini diadakan mengingat perlunya keluarga yang memiliki remaja diberi pendampingan oleh kader dalam mendidik dan mengawasi anak remajanya dalam keluarga. Mendidik anak remaja tentulah berbeda dengan mendidik anak Batuta dan anak Balita karena masa remaja adalah masa dimana anak akan mencari jati diri guna menempuh kehidupanya kedepan, tutur kadis DP2KBP3A Kab. Inhil, Sebelum membuka pelatihan secara resmi, beliau juga meminta kepada peserta untuk serius dalam mengikuti pelatihan sekaligus agar tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19 selama berlangsungnya pelatihan.

Kegiatan selanjutnya yaitu Pemberian Materi pelatihan yang disampaikan oleh Bapak SAID MASRI, SH, M. Si merupakan Koordinator Bidang KSPK Perwakilan BKKBN Provinsi Riau, dalam materinya beliau menyampaikan beberapa poin penting cara kiat orang tua dalam menyampaikan pesan kepada remaja agar anak remajanya memahami maksud dan tujuan apa yg diingikan oleh orang tuanya serta beberapa faktor yang menyebakan orang tua gagal berkomunikasi dengan anak remajanya sehingga berakibat tidak baik pada anak, ambil contoh anak remajanya bisa saja meninggalkan rumah karena apa yang diingikan, dikehendaki dan rasakan tidak terpenuhi didalam rumah tangga orang tuanya.

Penyampaian Materi oleh narasumber

Selanjutnya materi yang kedua disampaikan oleh dr. YUSMALA DEWI, selaku Sub Koordinator BKR Perwakilan BKKBN Provinsi Riau, pada kesempatan ini materi yang disampaikan oleh beliau banyak mengupas tentang perlu nya remaja untuk mengetahui alat reproduksinya, dengan mengetahui fungsi alat reproduksi tentu seorang anak remaja akan cermat memelihara dan melindungi dirinya. Remaja zaman sekarang yang sangat mudah mengakses berbagai informasi baik yang positif maupun yang negatif tentulah perlu kehati-hatian kedua orang tuanya dalam mengawasinya agar tidak terjerumus kepada hal-hal yang akan akan merugikan remaja itu sendiri dalam menempuh masa yang akan mereka lalui kedepanya. Ini tentulah harus menjadi perhatian khusus bagi keluarga yang mempunyai remaja dalam rumah tangganya.

Para Peserta Pelatihan Kader BKB

Dipenghujung pelatihan, setelah narasumber menyampaikan materi, peserta diberi kesempatan oleh Narasumber untuk bertanya sekaligus berdiskusi terkait apa yang telah disampaikan oleh narasumber dan memberi kesempatan kepada peserta lainnya yang mempunyai remaja di keluarganya untuk berbagi pengalaman dalam mendampingi anak remajanya. Setelah semua kegiatan berjalan dengan lancar serta dengan berbagai pemahaman terhadap materi yang diperoleh peserta, akhirnya pelatihan ditutup secara resmi oleh Bapak SAID MASRI, SH, M. Si mewakili kepala Perwakilan BKKBN Propinsi Riau.

About dp2kbp3a

Check Also

DP2KBP3A INHIL ADAKAN PENILAIAN PEREMPUAN PEMBERI INSPIRASI DI KECAMATAN KEMPAS

Harapan Tani – Senin (20/09/2021), Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *