DP2KBP3A LAKSAKAN SOSIALISASI 1000 HPK MELALUI PENDEKATAN SIKLUS KESPRO

Simpang Tiga Daratan – Kamis (12/08/2021), Bertempat di Aula Pertemuan Desa Simpang Tiga Daratan Kecamatan Enok Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Indragiri Hilir melalui Bidang Keluarga Berencana, Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga telah melaksanakan Sosialisasi dengan Materi utama Pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK)  melalui Pendekatan Siklus Kesehatan Reproduksi Cegah Stanting. Peserta dari Sosialisàsi tersebut adalah ibu-ibu Pasangan Usia Subur (PUS) dan Kader-Kader Desa serta Narasumber yang menyampaikan materi yaitu Kepala Bidang Keluarga Berencana, Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga, Kepala Seksi Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Indragir Hilir serta Bidan Desa Simpang Tiga Daratan Kecamatan Enok.

Sosialisasi dibuka secara langsung oleh Kepala Desa Simpang Tiga Daratan Kec. Enok KRESNA PUTRA, dalam sambutannya tidak lupa menyampaikan terimakasih kepada pihak Dinas P2KBP3A Kab. Inhil atas penyelenggaraan sosialisasi ini didesa nya sekaligus minta kepada warga desanya yang ikut sebagai peserta untuk serius menyimak penyampaian materi dari narasumber agar edukasi yang disampaikan bermanfaat khususnya untuk Pencegahaan Stunting.

Selanjutnya Kepala Dinas P2KBP3A Kab. Inhil yang diwakili oleh Kepala Bidang Keluarga Berencana, Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Kepala Desa dan Jajarannya yang telah membantu memfasilitasi terselenggaranya kegiatan ini dan menyampaian apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kepala Desa Simpang  Tiga Enok yang dengan sungguh-sungguh mengingatkan warganya yang ikut sosialisasi agar mengikuti sosialisasi ini dengan serius serta dapat mengaplikasikan materi yang didapat baik dalam keluarga maupun dalam kelompok binaan kadernya.

Matari pertama disampaikan oleh Kepala Seksi Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga, EDWIN, SE, dalam materinya beliau menyampaian pentingnya anak balita dipantau dengan runtin perkembangan tumbah kembang anaknya dengan menggunakan Kartu Kembang Anak (KKA), disamping itu beliau juga menjelaskan tentang pengisiaan KKA kepada para peserta.

Pada sesi materi kedua Kepala Bidang Keluarga Berencana, Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga menyampaikan, “Kesehatan reproduksi adalah keadaan sejahtera fisik, mental, sosial secara utuh dan tidak semata-mata terbebas dari penyakit atau kecacatan dalam segala hal yang berkaitan dengan sistem fungsi dan organ reproduksi”. Selanjutnya beliau juga memaparkan tentang 4 Paket Pelayanan Kesehatan Reproduksi Esensial (PKRE) yakni Keluarga Berencana (KB), Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR), dan Deteksi Dini Penanggulangan Penyakit ISR / IMS.

Pemateri terakhir disampaikan oleh HUZAIMAH Bidan Desa Simpang Tiga Daratan Kec. Enok, sebagai pemateri akhir memaparkan pentingnya peran posyandu dalam mengatasi Stunting, disamping itu beliau juga minta kepada ibu balita untuk lebih aktif membawa balitanya ke Posyandu untuk memantau kondisi kesehatan balitanya dengan penimbangan dan pemberian makanan tambahan sekaligus dengan pengisian Kartu Menuju Sehat (KMS).

Kegiatan Sosialisasi ini berakhir setelah semua materi disampaikan dan dilanjutkan  interaksi tanya jawab Peserta kepada narasumber, kemudian Kegiatan ditutup secara langsung oleh Kepala Desa Simpang Tiga Daratan Kec. Enok.

About dp2kbp3a

Check Also

SOSIALISASI PENCEGAHAN KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN DAN ANAK DAN TINDAK PIDANA PERDANGAN ORANG (TPPO)

Tembilahan – Kamis (02/09/2021), Bertempat di Aula Gedung Wanita Tembilahan Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *