DP2KBP3A KABUPATEN INDRAGIRI HILIR ISI KEGIATAN TMMD DI KECAMATAN PELANGIRAN DENGAN PENYULUHAN KB DAN PELAYANAN KB MKJP

Pelangiran – Senin (12/07/2021), Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan program terpadu yang dilakukan oleh seluruh Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari semua matra kesatuan dalam rangka membantu pemerintah membangun masyarakat baik fisik maupun non fisik. Penyelenggaraan TMMD Kabupaten Indragiri Hilir tahun 2021 ini diselenggarakan  di Kecamatan Pelangiran dengan melakukan beberapa kegiatan fisik diantaranya membangun jalan, semenisasi jalan yang rusak serta rehap beberapa bangunan sarana umum di Desa Teluk Bunian dan Desa Pelangiran Jaya.

DP2KBP3A sebagai salah satu Organisasi Perangkat Daerah yang ikut dalam kegiatan TMMD khususnya bidang non fisik melakukan penyuluhan KB sekaligus Pelayanan Pemasangan Alat Kontrasepsi Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP) di Kelurahan Pelangiran bekerja sama dengan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) dan pihak Puskesmas Kecamatan Pelangiran. Turut hadir dalam kegiatan penyuluhan dan Pelayanan ini Camat Pelangiran, Pelaksana Danramil dan Kepala Puskesmas Pelangiran. Kepala Bidang Keluarga Berencana, ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga yang mewakili Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Indragiri Hilir dalam materi penyuluhannya menekankan pentingnya keluarga mengikuti program Keluarga Berencana guna merencanakan kelahiran didalam rumah keluarga. Dengan mengikuti program  KB Melalui Pemasangan alkon MKJP (IUD dan Implant)  diharapkan Ibu PUS Akseptor KB cukup waktu untuk memberi ASI dan kasih sayang kepada putranya sebelum kelahiran berikutnya didalam keluarga.

Peserta Pelayanan Akseptor MKJP

Selanjutnya Kepala Bidang Keluarga Berencana, ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga juga menikankan bahwa pertisipasi Ibu Pasangan Usia Subur (PUS) sebagai akseptor KB kedepanya dapat mencegah hadirnya anak – Stunting didalam keluarga, “Anak Stunting ditandai dengan tidak seimbangnya usia anak dengan pertumbuhan Fisik dan mental, hal ini  tentu menjadi permasalahan nanti didalam kehidupan baik bagi anak Stunting maupun keluarga yang membesarkan anak Stunting itu sendiri” Ujar Kabid KB  Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga dalam materi  penyuluhannya.

Pelayanan Pemasangan Alat Kontraspesi MKJP

Camat Pelangiran Surya Wirawan di kesempatan yang sama dalam sambutan dan arahanya menyampaikan terimakasih kepada pihak – pihak yang terlibat dalam kegiatan Penyuluhan dan Pelayanan KB MKJP serta meminta kepada akseptor yang dilayani agar ikut kiranya membantu memberi motivasi kepada tetangga maupun keluarga lainnya yang masih PUS belum ber KB untuk mengikuti program KB dengan memasang alat Kontrasepsi MKJP (IUD dan Implant). Disamping itu beliau juga meminta kepada masyarakat & akseptor yang hadir tetap untuk mengikuti Protokol Kesehatan selama Penyuluhan dan Pelayanan KB berlangsung. Dalam pelaksanaan hasil Pelayanan Pemasangan Alkon MKJP dapat melayani sebanyak 35 akseptor yang terdiri dari 3 akseptor IUD dan 32 akseptor Implant.

About dp2kbp3a

Check Also

SOSIALISASI PENCEGAHAN KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN DAN ANAK DAN TINDAK PIDANA PERDANGAN ORANG (TPPO)

Tembilahan – Kamis (02/09/2021), Bertempat di Aula Gedung Wanita Tembilahan Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *