DP2KBP3A KAB INHIL LAKUKAN SOSIALISASI 1000 HPK DI LOKUS STUNTING KEL. SAPAT KEC. KUALA INDRAGIRI

Sapat, Stunting dimana istilah yang akhir-akhir ini sering kita dengar dalam berita baik media cetak maupun media sosial dan elektronik bahkan menjadi bahan diskusi bagi kalangan akadimisi maupun mahasiswa merupakan satu istilah  yang diberikan terhadap tumbuh kembangnya seorang anak, yang ditandai dengan tidak seimbangnya pertumbuhan fisiknya maupun mental anak dengan usianya, sehingga apabila diabaikan, dikawatirkan kedepannya  akan menyebabkan kerugian besar dalam kemajuan peradaban manusia di muka bumi. Kondisi ini juga menjadi perhatian yang sangat serius dari organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Indonesia sebagai bagian dari anggota WHO,  tidak bisa lepas dari tanggung jawab dalam menekan bertambahnya jumlah anak penderita Stunting ini kedepan. Dalam rangka inilah Pemerintah Pusat memprogramkan Prioritas Nasional kegiatan cegah Stunting yang diawali dengan kegiatan dalam bentuk Sosialisasi dan edukasi pentingnya memperhatikan 1000 Hari Pertama Kehidupan  (1000 HPK) bagi  ibu hamil dalam keluarga.

Bekaitan dengan itu pada hari Senin tanggal 26 Juli 2021 Dinas Pengendalian Penduduk KB dan Pemberdayaan dan Perlindungan anak (DP2KBP3A) Kabupaten Indragiri Hilir melakukan sosialisasi 1000 HPK bagi Kader kelompok, Ibu hamil, Ibu Baduta dan Balita serta Remaja Siap Nikah yang bertempat di Balai Penyuluhan Keluarga Berencana Kelurahan Sapat Kecamatan Kuala Indragiri sebagai salah satu Desa/Kelurahan lokus Stunting yang ada di kabupaten Indragiri Hilir.

Turut hadir dalam kesempatan pembukaan sosialisasi ini, Lurah Sapat dan Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kuala Indragiri yang sekaligus juga bertindak sebagai pemateri dengan tema materi yang disampaikanya bertemakan “Empat katagori kehidupan keluarga Zaman Now”. Sementara itu kepala Bidang Keluarga Berencana, Ketahan dan Kesejahteran Keluarga mewakili Kepala Dinas P2KBP3A Kab. Inhil dalam sambutanya, tidak lupa menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak kelurahan, KUA  Kecamatan Kuala Indragiri dan seluruh peserta yang sudah berkenan hadir untuk mengikuti sosialisasi.

kepala Bidang Keluarga Berencana, Ketahan dan Kesejahteran Keluarga  dalam materi yang disampaikan, tidak lupa menekankan pentingnya peserta untuk memahami lebih mendalam tentang Stunting baik aspek penyebabnya, kerugian yang ditimbulkan maupun  cara mencegah terjadinya Stunting pada anak Baduta dan Balita. “Dengan memperhatikan kesiapan ibu hamil baik fisik maupun mentalnya selama 1000 Hari Pertama Kehidupan, mudah-mudahan Generasi yang hidup dimasa depan punya daya saing, baik Sumber Daya Manusianya maupun fisiknya” ujarnya.

Lurah Sapat dalam sambutanya sebelum membuka sosialisasi juga menyampaikan hal yang sama yakni ucapan terima kasih kepada tim dari DP3KBP3A Kab. Inhil karena telah mengalokasikan kegiatan sosoalisasi ini ke kelurahan Sapat. Lurah Sapat juga minta kepada peserta sosialisasi agar dapat kiranya mengikuti sosialisasi ini dengan serius sehingga ilmu yang didapatkan bermanfaat guna membina masyarakat disekitar mereka dalam tindakan yang nyata.

Sosialisasi dan edukasi 1000 HPK ini berlangsung satu hari dengan tetap selalu memperhatikan protokol kesehatan, baik dalam memakai masker maupun pengaturan jarak peserta serta dengan mencuci tangan.

About dp2kbp3a

Check Also

PELAKSANAAN VERIFIKASI LAPANGAN HYBRID (VLH) EVALUASI KLA TAHUN 2022 SECARA DARING

Tembilahan (31/05/2022) –  Bupati Inhil HM Wardan diwakili Sekda H. Afrizal mengikuti acara Verifikasi Lapangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *