DP2KBP3A KAB. INHIL HADIRI RAKORTEK PERCEPATAN KAB/KOTA LAYAK ANAK (KLA) SE-PROV. RIAU

Pekanbaru – Kamis, (28/10/2021) Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Kabupaten Indragiri Hilir R. Arliansah, S.Si, ME bersama Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Indragiri Hilir Drs. H. TM. Syaifullah, MM mengikuti Rapat Koordinasi Teknis (Rakortek) Percepatan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) se Provinsi Riau Tahun 2021 yang ditaja oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Provinsi Riau.

Rakortek Percepatan KLA se Provinsi Riau dilaksanakan di Hotel Prime Park Pekanbaru dihadiri oleh OPD terkait di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau dan dari Kabupaten/Kota se Provinsi Riau terdiri dari Kepala Dinas PPPA dan Ketua Gugus Tugas KLA. Rakortek diawali dengan laporan Kadis P3AP2KB Provinsi Riau ibu Drs. T. Hidayaty Effiza, MM yang menyampaikan maksud  dan tujuan dilaksanakan Rakortek KLA dengan hasil yang diharapkan kedepannya dapat meningkatkan capaian prestrasi Kabupaten/Kota di Provinsi Riau dalam Evaluasi KLA sehingga terwujudnya Provinsi Riau sebagai Provinsi Layak Anak di Indonesia. Pada Evaluasi KLA Tahun 2021 Kabupaten/Kota se Provinsi Riau yang meraih pengharaggan KLA untuk Tingkat Pratama adalah Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Meranti. Tingkat Madya adalah Kabupaten Indragiri Hulu, Kota Dumai, Kabupaten Kampar dan Kabupaten Rokan Hulu. Tingkat Nindya Kota Pekanbaru dan Kabupaten Siak. Sedangkan Kabupaten Rokan Hilir dan Pelalawan belum mendapat penghargaan KLA.

Rakortek KLA dibuka oleh Sekrertaris Daerah Provinsi Riau yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Setretariat Daerah Provinsi Riau Bapak Jenri Salmon Ginting, AP, MSi. Dalam arahannya Sekretaris Daerah Provinsi Riau mengharapkan agar seluruh Kabupaten/Kota mendukung terwujudnya Provinsi Riau sebagai Provinsi Layak Anak di Indonesia. Untuk itu agar seluruh peserta mengikuti rakortek KLA sampai selesai dan dapat berdiskusi langsung dengan narasumber dari Kementerain PPPA RI terkait strategi yang harus dilakukan dalam uoaya meningkatkan  pencapaian KLA di Kabupaten/Kota di Provinsi Riau, terkhusus untuk daerah yang belum memperoleh anugerah KLA tahun 2021 dan bagi daerah yang sudah memperoleh penghargaan untuk dapat mempertahan dan menigkatkan pencapaian kategori KLA dimasa yang akan datang.

Rakortek KLA dilajutkan dengan pemaparan dari narasumber yang diawali dengan penyerahan Piala dan Piagam KLA secara simbolis yang diwakili oleh Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Meranti oleh Asisten Deputi Perumusan Kebijakan Pemenuhan Hak Anak (PKPHA) Kementerian Pemeberdayaan Perempuan dan Perlinduangan Anak Republik Indonesia ibu Sri Prihantini L Wijyanti. Materi yang disampaikan adalah Arah Kebijakan Pengembangan KLA dan Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak (DRPPA) di Indonesia dan materi Evaluasi Pelaksanaan KLA Kabupaten/Kota se Provinsi Riau Tahun 2021. Untuk pelaksanaan DRPPA di Provinsi Riau yang akan mejadi pilot project adalah Kabupaten Kabupaten Indragiri Hulu dan Kabupaten Bengkalis yang kepala daerahnya perempuan.

Pada sesi diskusi dan tanya jawab Kadis P2KBP3A Kabupaten Indragiri Hilir R. Arliansah, S.Si, ME menyampikan usulan kepada Asdep PKPHA  Kementerian PPPA RI agar kedepanya terhadap daerah yang telah memperoleh pengharhaan KLA diberikan reward selain piala dan piagam tetapi juga diberikan bantuan dana seperti Dana Insentif Daerah (DID). Terhadap usulan tersebut Asdep langsung menanggapi dan akan mengupayakan agar usulan tersebut dapat direalisasikan. Untuk saat ini sedang dilakukan pembicaaran dan dirumuskan dengan Kementerian Keuangan RI untuk memberikan Dana Aloksi Khusus (DAK) terhadapat daerah yang memperoleh penghargaan KLA disetip tingkatan.

Materi selanjutnya best practice berbagi pengalaman dari Kabupaten Kampar dan Kabupaten Rokan Hulu dua kabupaten di Provinsi Riau yang mampu naik peringkat dalam evaluasi KLA tahun 2021. Materi yang disampaikan adalah strategi yang dlakukan daerahnya untuk pengembangan KLA. Rakortek ditutup oleh Kadis P3AP2KB Provinsi Riau yang diwakli oleh Kabid KTKPHA DP3AP2KB Provinsi Riau ibu Sri Gemala Melayu, ST, MSi.

About dp2kbp3a

Check Also

PELAKSANAAN VERIFIKASI LAPANGAN HYBRID (VLH) EVALUASI KLA TAHUN 2022 SECARA DARING

Tembilahan (31/05/2022) –  Bupati Inhil HM Wardan diwakili Sekda H. Afrizal mengikuti acara Verifikasi Lapangan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *