DP2KBP3A BERSAMA TP PKK INHIL LAKUKAN PEMBINAAN DALAM RANGKAIAN PENILAIAN PKK KB KES TAHUN 2021.

Sungai Dusun, Penggerak Kesejahteraan Keluarga (PKK) Sebagai organisasi Kemasyarakatan yang berada di setiap jenjang tingkatan pemerintahan memiliki peran yang strategis dalam upaya Peningkatan kesejahteraan Masyarakat dimulai dari Pemerintah Pusat hingga ke Tingkat Desa dimana Perempuan sebagai penggeraknya.

Upaya Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat terus dilakukan melalui berbagai stragegi pembangunan Daerah yang melibatkan seluruh  komponen masyarakat. Untuk itu Dinas Pengengdalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak melalui Program Keluarga Berencana, Ketahanan dan Kesejahteraan dengan Kegiatan Pemberdayaan dan Peningkatan Peran serta Organisasi Kemasyarakatan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan PKK Kabupaten Indragiri Hilir melaksanakan Pembinaan dan Penilaian PKK KB Kes dimana tujuan dilaksanakannya kegiatannya dalam upaya penggerakan masyarakat menerapkan pola Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (B2SA), Lingkungan Bersih dan Sehat, Pelayanan KB, Mengaktifkan Pelayanan Posyandu, PAUD, terintegrasi dan bentuk kegiatan lainnya yang mendukung peningkatan pendidikan, kesehatan keluarga  dan masyarakat melalui PKK Desa.

Melalui kerjasama antara TP PKK Kabupaten Indragiri Hilir, Dinas kesehatan Kabupaten Indragiri Hilir dan Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Inhil telah dibentuk Tim Kerja untuk pelaksanaan dan Pembinaan PKK KB Kes dimana pada hari selasa tanggal 27 juli 2021 telah melakukan kunjungan ke Desa Sungai Dusun kecamatan Batang Tuaka guna melakukan pembinaan terhadap PKK Desa sebagai persiapan desa dimaksud dalam mengikuti Lomba PKK KB Kes Tingkat Kabupaten Indragiri Hilir.

Tim kerja pembina PKK KB Kes yang terdiri dari pengelola program kesehatan Dinas Kesehatan, Pengelola program Keluarga Berencana, Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga serta  Anggota PKK Pokja IV turun ke Desa sungai Dusun langsung disambut oleh Kepala Desa, Ketua PKK dan PKB Desa Sungai Dusun di ruangan pertemuan Balai KB Desa. Juga hadir dalam kesempatan itu Kasi PMD Kecamatan Batang Tuaka dan mahasiswa KKN UIN Suska Pekanbaru. Kepala Desa Sungai Dusun dalam sambutan dan arahanya sebelum pembinaan dilaksakan, mengucapkan termakasih kepada tim pembina yang telah datang kedesanya melakukan pembinaan guna persipan penilaian sekaligus melihat sejauh mana PKK desa telah  melakukan kegiatan serta telah koordinasi  selama satu tahun dengan petugas kesehatan Desa maupun PKB Desa guna mensejaterakan masyarakat terutama kaum perempuan.

Kepala Desa Sungai Dusun juga meminta kepada tim pembina untuk  memberikan arahan, petunjuk guna perbaikan atas kekurangan yang ada sehingga nantinya Desa Sungai Dusun  muncul sebagai yang terbaik dalam lomba ini sehingga berkesempatan mewakili Inhil mengikuti lomba berikutnya ditingkat propinsi.

Sementara itu Kepala Bidang Keluarga Berencana, Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga DP2KBP3A Kab. Inhil  dalam sambutannya mewakili Kepala DP2KBP3A Kab. Inhil  juga menyampaikan termakasih kepada Kepala Desa, Ketua PKK Desa serta seluruh kader yang berkesempatan hadir dalam kegiatan pembinaan ini. Disamping Desa Sungai Dusun kecamatan Batang Tuaka ada dua desa lagi yang berstatus  Kampung KB tahun ini ditetapkan sebagai desa yang diunggulkan guna untuk dibina dan diikutkan  dalam lomba PKK KB KES ini.

Dua desa itu antara lain Desa Sungai Perak Kecamatan Tembilahan dan Desa Pangkalan Tujuh Kecamatan Tempuling. Ditetapkannya ketiga desa ini sebagai desa yang dibina sekaligus ikut lomba PKK KB Kes dengan pertimbangan dimana ketiga Desa tersebut berstatus Kampung KB dan juga pernah diikutkan lomba tingkat propinsi tapi gagal untuk memperoleh juara dalam bersaing dengan desa yang ada dari kabupeten lain. “Karena belum pernah juara tingkat Propinsi maka salah satu nominasi dari ketga desa ini masih dapat untuk diikutkan lagi sebagai peserta lomba tingkat propinsi berikutnya”, Ujarnya.

Kegiatan pembinaan PKK KB Kes yang dilaksanakan ini berlangsung selama satu hari selanjutnya tim Pembina dan Penilai PKK KB Kes akan kembali datang untuk melihat progres perbaikan yang dilakukan oleh PKK Desa pasca  pembinaan oleh tim  kabupaten.

About dp2kbp3a

Check Also

DP2KBP3A Kembali Laksanakan Kegiatan Bhakti Sosial Pelayanan KB Bersama TNI dan IBI Ranting Kecamatan Kemuning

Kemuning (09/06/2022) – Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kab. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *